Sejarah Popcorn



POPCORN
Popcorn adalah makanan ringan yang terbuat dari biji jagung kering yang dipipil dan dipanaskan. Proses pemanasan yang sederhana akan membuat biji jagung mengembang dan ditandai dengan suara ledakan kecil. Berbagai mesin popcorn sudah diciptakan sejak abad ke-19.


Makanan ringan ini sudah ditemukan sejak ribuan tahun lalu oleh penduduk asli Amerika. Dengan bukti telah ditemukan bonggol jagung di New Mexico yang usianya sekitar 3600 SM. Selain dapat dijadikan popcorn, jagung juga bisa diolah menjadi gula jagung, tepung jagung dan lainnya.

Namun sekarang popcorn menjadi jajanan masyarakat Indonesia karena harganya murah meriah dan banyak di temui di berbagai acara festival daerah, tempat wisata, tempat perbelanjaan, bioskop, pasar malam, sekolah.
Ø  Kandungan Dalam Popcorn
Seperti yang telah diketahui popcorn tinggi akan serat yang dapat mempertahankan rasa kenyang dan menstabilkan gula darah. Kemudian juga rendah kalori dan rendah kolesterol, baik dikonsumsi bagi yang sedang berdiet. Selain itu makanan ringan berwarna putih ini juga kaya akan antioksidan.

Popcorn merupakan salah satu makanan sumber antioksidan. Makanan ini juga rendah kadar air dan memiliki kadar antioksidan yang lebih pekat dari buah dan sayuran. Meskipun begitu sayuran dan buah-buahan lainnya yang kaya akan polifenol juga mengandung vitamin dan mineral yang bagus.




Ø  Cara Membuat Popcorn
Rasa caramel memang tak pernah bikin bosan. Kebanyakan dari orang menyukai rasa caramel karena rasa manisnya yang khas. Nah, Ladies dapat membuat popcorn rasa caramel untuk disajikan sebagai menu camilan keluarga. Berikut ini cara membuat popcorn rasa caramel yang dapat kamu coba di rumah.

Bahan-bahan:
  • 2 genggam jagung pipil kering
  • 2 sdm butter
Bahan Caramel:
  • 1 sdm butter
  • 3 sdm gula merah sisir
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdm susu kental manis
  • 1/4 sdt garam
Cara Membuat:
  1. Panaskan 2 sdm butter di wajan besar
  2. Masukkan 2 genggam jagung popcorn dan tutup wajannya
  3. Goyang-goyang pelan wajannya supaya popcorn tidak gosong
  4. Pastikan semua jagung sudah berubah menjadi popcorn ditandai dengan berhentinya bunyi letusan di dalam wajan
  5. Bukan tutup wajan dan matikan api
  6. Siapkan bahan untuk caramelnya di dalam wajan kecil, aduk semua sampai merata di atas kompor
  7. Setelah mengental dan menampakkan gelembung, matikan api
  8. Tuangkan caramel ke dalam popcorn, aduk cepat sampai merata agar caramel tidak menggumpal
  9. Dinginkan popcorn, dan popcorn siap disantap

0 Response to "Sejarah Popcorn"

Posting Komentar